Minggu, 12 April 2015

KEGIATAN MENGAJAR ANAK LANGIT 1

Nama: Ivan
Nim: 1801385492
Kelas: LB63 (ASM ASA 0803)
Jurusan : TI (Teknik Informatika)
Kegiatan: Mengajar 1



          Pada tanggal 1 April 2015, Saya dan teman sekelompok saya mendatangi lokasi anak langit yang terletak di jalan Tanah Gotjap dekat bantaran sungai Cisadane,Tangerang.Kami sudah menyerahkan semua proposal dan surat izin untuk memulai kegiatan mengajar kami. Kami disambut oleh pengurus ketua yang bernama Muhammad Thamrin dan pengurus yang mengurusi jadwal kegiatannya Widra, dan ketua yang memegang lokasi anak langit adalah Abdul Rosyid. Kami disana juga melihat banyak anak - anak yang senang ketawa,bersuka ria ,bergembira dan bersorak - sorak dengan suaranya yang indah,lucu dan gemulai .Banyak kelompok juga dari Binus yang telah mengajar. Inilah pengalaman saya pertama untuk mengajarkan anak-anak untuk berbagi ilmu,menambahkan pengetahuan,daya ingat,dan imajinasi. Kami sangat senang dengan kegiatan ini , jadi kami dapat melihat dan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan luar secara langsung apa yang terjadi disini. Kami datang sekitar jam 09.20-12.00 , kami pertama belum tentu langsung mengajar,bermain dengan anak-anak, sharing bersenang-senang. Mereka masih kelas TK A dan TK B , lingkungan disana walaupun sangat panas tapi lama kelamaan berubah menjadi sangat hangat,sejuk dan hujan yang sangat deras pada saat mau pulang. Kelompok yang lain setelah mengajar anak - anak tersebut langsung dievaluasi oleh pengurus anak langitnya diberikan masukan dan saran sekaligus ada juga salah satu stasiun tv nasional yaitu: TVRI yang meliput kegiatan kami. Ini adalah hari yang menyengankan dan melelahkan tentunya bagi kami. Banyak manfaat yang bisa kami ambil dan pelajari dengan kegiatan ini. Dan ini contoh proposal dari kelompok kami :

                                                       
PROPOSAL

PEMBERIAN PENGAJARAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(PAUD)














UNIVERSITAS BINA NUSANTARA
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 21
TANGGERANG
MARET 2015


I.       Latar Belakang

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi merupakan sesuatu yang dilaksanakan oleh anak yang di atas 6 tahun. Namun pendidikan untuk anak usia sejak lahir dan sampai dengan usia enam tahun merupakan hal yang penting pula.Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Selain itu, PAUD juga bertujuan untuk meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar. Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigm baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan  learning to live together  yang dalam implementasinya di Taman Kanak-Kanak dilakukan melalui pendekatan learning by playing.

PAUD memilikki 4 jenis ruang lingkup, yaitu Infant (0-1 tahun), Toddler(2-3 tahun) , TK(3-6 tahun), dan SD(6-8 tahun). PAUD merupakan hal yang penting dilakukan karena tidak sekedar berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak, tetapi yang lebih penting berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Pendidikan anak usia dini sepatutnya juga mencakup seluruh proses stimulasi psikososial dan tidak terbatas pada proses pembelajaran yang terjadi dalam lembaga pendidikan.




II.       NAMA KEGIATAN
Pengajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

III.       TUJUAN KEGIATAN
a.    Mengajarkan pendidikan dasar yang dibutuhkan anak usia Dini.
b.    Memacu keaktifan individu untuk berkreasi
c.    Menanamkan pentingnya suatu pendidikan

IV.       KEGIATAN
A.           WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
 Hari ,tanggal :
1.  Rabu, 1 April 2015
2.    Rabu, 8 April 2015
3.    Rabu, 15 April 2015
4.    Rabu, 22 April 2015

Waktu           :  09.00 – 11.00
    Tempat       : Jalan akses tanah gocap, Karawaci, Tanggerang





B.               BENTUK KEGIATAN
Kegiatan PAUD yang akan dilaksanakan antara lain :
  Belajar sambil bermain

a.    Menggambar
b.    Bernyanyi
c.    Berhitung
d.    Olahraga
e.    Membaca alphabet


   V.        PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana se-bagaimana yang kita harapakan.
 Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu , kami ucapkan terima kasih.
                                               
         Tanggerang, 28 Maret 2015



Mengetahu,






Dalmeri Marwadi
Character Building Lecturer



Hormat,kami




Prisia Callista 


Dan ini  beberapa koleksi foto kelompok kami dari kegiatan mengajar tersebut untuk dokumentasi:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar